Polres Tanah Karo Bantu Penanganan Banjir di Desa Tongging

Polres Tanah Karo Bantu Penanganan Banjir di Desa Tongging

Karo – Akibat tingginya curah hujan, membuat terjadinya bencana alam hujan lebat yang mengakibatkan Sungai SIDOPPAK meluap ke Desa Tongging, Dusun II Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Dari laporan masyarakat, didapatkan keterangan bahwa pada hari Rabu tanggal 24 Januari 2023 sekira pukul 10.00 WIB terjadi hujan deras di Hutan Lau Pondom dan Perjalangan Horbo Gajah Bobok yang mengakibatkan air meluap.

Dari keterangan warga, sungai sungai SIDOPPAK meluap mulai pukul 22.00 WIB s/d 24.00 WIB. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan adapun korban material yakni kerusakan lahan akibat luapan sungai.

Adapun pemilik lahan yang rusak yang telah didata, sebanyak 18 orang, dengan luas lahan yang rusak sekitar kurang lebih 27.725 meter persegi, yang merupakan lahan pertanian yang mayoritas ditanami tanaman bawang, tomat, cabai, jagung serta pohon mangga dan lahan objek wisata Sibayak dan Pantai Sinalsal seluas kurang lebih 5000 meter persegi yang mengalami kerusakan akibat luapan air sungai.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA, melalui Kabag Ops Kompol Abdi Abdullah mengatakan, akibat hujan tersebut Air Sungai SIDOPPAK yang bermuara ke Danau Toba berangsur angsur naik hingga 1 meter dan menggenangi lahan Pertanian warga dan halaman Lokasi tempat wisata Sibayak dan Sinalsal.

“Pukul 24.00 WIB, Air di sungai SIDOPPAK berangsur angsur surut dan mengalir seperti biasa” kata Kabag Ops.

Siang tadi, Kamis(25/01/2023) sekira pukul 11.30 WIB, atas perintah Kapolres Tanah Karo, Kabag Ops bersama personil dan pihak BPBD Kab. Karo, Camat Merek dan Pemerintahan Desa Tongging melakukan Peninjauan ke lokasi.

“Sudah kita cek tadi lokasi luapan air, yang berdampak pada lahan pertanian dan objek wisata dan bersama melakukan pembersihan sementara pohon tumbang di lokasi muara sungai pantai sinalsal”, kata Kabag Ops.

Lanjutnya, untuk sementara pembersihan aliran Sungai /Normalisasi belum dapat dilakukan, menunggu penyediaan alat berat dari dinas terkait di lokasi.

Ditambahkannya, saat pengecekan tersebut, Kabag Ops juga bertemu dengan para korban yang mengalami kerusakan lahan. Dikatakannya, Polres Tanah Karo beserta intansi terkait turut prihatin atas musibah yang telah terjadi dan akan segera secepatnya memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Kita sampaikan bahwa nantinya, Polres Tanah Karo akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak atas kejadian ini”, kata Kabag Ops.

#polrestanahkaro
#kapolrestanahkaro
#humaspolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *