Cegah Laka Lantas di Kalangan Pelajar, Polres Tanah Karo Lakukan Imbauan di MAN Karo

Karo – Untuk menekan angka laka lantas khususnya di kalangan pelajar, Polres Tanah Karo laksanakan sosialisasi ke sekolah sekolah, salah satunya di Madrasah Aliyah Negeri Karo, Kamis(26/10/2023) pukul 07.15 WIB.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Kabag REN Kompol H. Matondang, S.H, didampingi Bhabinkamtibmas Aiptu P. Pohan, menyampaikan sosialisasi dan penyuluhan tentang faktor penyebab laka lantas langsung kepada para pelajar.

Beberapa faktor penyebab laka lantas, disampaikan Kabag REN, mulai dari faktor manusia, kendaraan dan cuaca.

Kabag menyampaikan, ketiga faktor tersebut harus benar benar diperhatikan setiap akan berkendara, agar dapat mencegah terjadinya laka lantas di jalan raya.

“Pada umumnya, kecelakaan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antarfaktor”, jelas Kabag.

Dikataknnya, faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan misalnya belum belum mampu berkendara atau kesalahan reaksi berkemudi seperti panik saat berkendara ataupun kondisi lain seperti pengemudi yang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat obatan, narkotika, atau alkohol, atau menyetir sambil melihat gadget baik handphone atau tablet.

Selain faktor pengemudi atau manusia, faktor kendaraan seperti kondisi mesin, rem, lampu, ban dan muatan bisa menjadi penyebab kecelakaan, demikian halnya faktor cuaca berupa kondisi hujan, kabut, atau asap serta situasi lingkungan di jalan raya.

“Untuk itu masyarakat khususnya para pelajar agar berhati hati dalam berkendara, perhatikan ketiga faktor tersebut agar terhindar dari laka lantas”, kata Kabag.

Khususnya para pelajar, Kabag mengingatkan apabila belum memiliki SIM dan kemampuan berkendara yang baik untuk tidak berkendara di jalan raya. Hal ini dikatakannya agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti laka lantas yang tentunya akan berdampak terhadap masa depan yang dicita citakan.

“Jika sudah memiliki SIM, agar patuhi aturan berlalu lintas, gunakan alat keamanan seperti helm sesuai standart nasional Indonesia”, pesan Kabag.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pelajar untuk tidak melakukan perbuatan negatif seperti gang motor dan balap liar yang dapat menganggu ketertiban masyarakat dan berpotensi dapat melukai diri sendiri dan orang lain akibat laka lantas.

Saat melaksanakan sosialisasi tersebut Kabag juga melakukan tanya jawab kepada para pelajar di MAN, terkait lalu lintas. Kegiatan tersebut diikuti seluruh pelajar dan para dewan guru sekolah.

#polrestanahkaro
#kapolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *