Kodim 0205 TK Gelar Rapat Koordinasi Menghadapi Tantangan Lingkungan, Polres Tanah Karo Siap Mendukung

Kodim 0205 TK Gelar Rapat Koordinasi Menghadapi Tantangan Lingkungan, Polres Tanah Karo Siap Mendukung

Karo – Pentingnya kesepahaman dan sinergitas antar aparat pemerintahan dalam menghadapi tantangan keamanan dan lingkungan di Kabupaten Karo, Kodim 0205 TK menggelar Rapat Kooordinasi Komunikasi Sosial bersama Aparat Pemerintahan Kab. Karo, di Aula Kodim 0205/TK, Kamis(13/06/2024).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh pejabat berwenang dari instansi Polri Polres Tanah Karo dan Kedinasan terkait dari Pemda Karo, yang bertujuan untuk membahas isu isu krusial, termasuk dampak perubahan iklim dan ketahanan pangan.

Dalam rapat ini, salah satu poin utama yang dibahas adalah dampak perubahan iklim terhadap keamanan. Isu ini bukan lagi sekadar masalah lingkungan, tetapi telah menjadi ancaman serius bagi stabilitas sosial dan ekonomi. Perubahan iklim berpotensi memicu migrasi massal, kelangkaan air dan pangan, hingga bencana alam yang semakin sering terjadi.

PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan, Siahaan, S.I.K, M.H, yang diwakili Kasat Binmas AKP Jansen Sitanggang, yang menghadiri rapat tersebut, mengungkapkan, acara ini, menurutnya, sangatlah penting dan patut mendapat perhatian serius dari masyarakat dan pemerintah.

“Dalam membahas isu ini pada rapat tadi, kita dari tiap instansi saling berbagi informasi, strategi, dan sumber daya untuk mencapai tujuan bersama. Menurut kami, langkah ini sangatlah positif dan harus terus dilakukan secara rutin dan kami Polres Tanah Karo siap mendukung”, kata Kasat Binmas.

Lanjutnya, apalagi tantangan yang harus dihadapi yakni tantangan seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan, yang tentunya juga sangat berdampak dengan kamtibmas di tengah masyarakat. “Untuk itu perlu koordinasi yang baik antara instansi dari berbagai sektor”, tambahnya.

Sementara itu Dandim 0205 TK Letkol Infantri Ahmad Afryan Rangkuti, melalui Kasdim Mayor CBA Jonny S. Siboro, menyampaikan dalam menghadapi isu ini, TNI AD berperan sebagai Garda Terdepan dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan negara.

Sebagai garda terdepan, Jonny juga menyampaikan beberapa program Kodim 0205 TK yang telah dilaksanakan dalam membantu masyarakat dan telah dirasakan langsung manfaatnya di masyarakat, yakni program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa). Dimana program tersebut salah satunya kegiatan pembersihan sungai/sekolah, pembersihan pasar dan penamaman pohon serta juga penyediaan akses air bersih bagi masyarakat.

“Dalam mewujudkan stabilitas negara menghadapi isu tantangan lingkungan ini, melalui komunikasi sosial yang kita gelar ini, kami berharap isu ini dapat kita hadapi bersama dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk meminimalisir sekecil mungkin dampak yang terjadi akibat isu tantangan lingkungan”, ujar Kasdik Mayor CBA Jonny S. Siboro, saat membuka acara.

#polrestanahkaro
#kapolrestanahkaro
#humaspolrestanahkaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *